add url

Sejarah Hari Ini (9 Juli): Final Piala Dunia 2006

Pada 9 Juli tujuh tahun lalu, terjadi laga pamungkas dari pesta akbar Piala Dunia di Jerman. Bertempat di stadion Olympia, Berlin, Italia dan Prancis menjadi penampil utamanya.

Sebelum laga dimulai, acara penutupan pun dilangsungkan. Artis internasional Shakira dan Wyclef Jean menjadi artis yang menyanyikan lagu "Hips Don't Lie".

Setelah wasit Horacio Elizondo dari Argentina meniup tanda dimulainya laga, kedua tim langsung
bermain dengan performa terbaik mereka.

Prancis sudah memimpin ketka laga baru berjalan tujuh menit. Zinedine Zidane menjadi pencetak gol lewat titik putih penalti. Tapi Marco Materazzi berhasil menyamakan kedudukan di menit 19 dengan sundulan kepalanya.

Kedua tim juga terus membuka kesempatan untuk unggul setelahnya, seperti ketika tendangan Luca Toni di menit 35 yang mengenai mistar, atau pelanggaran terhadap Florent Malouda di kotak terlarang yang tak sampai dikenai sanksi penalti. Skor 1-1 bertahan hingga berakhirnya waktu normal.

Kiper Gianluigi Buffon membuat penyelamatan penting di babak perpanjangan waktu dengan mementahkan bola sundulan Zidane.

Setelahnya, terjadi drama yang sampai saat ini penyebabnya masih menjadi rahasia. Zidane secara tiba-tiba menanduk Materazzi di bagian dada, yang berujung pada pengusiran dirinya di menit 110.


Kabar yang beredar menyebutkan Materazzi melakukan provokasi terhadap Zidane, dan pemain asal Prancis itu terpancing untuk merespon dengan tandukannya.

Ada pun laga kembali berjalan dan akhirnya berakhir dengan skor tetap 1-1. Laga pun harus dituntaskan dengan adu tendangan penalti.

Di drama ini, David Trezeguet menjadi satu-satunya pemain yang gagal menyarangkan bola karena tendangannya hanya mengarah ke mistar. Italia akhirnya menang dengan skor 5-3.

Menurut FIFA, drama sepakbola di Berlin selama 120 menit lebih itu disaksikan langsung oleh 715,1 juta orang secara global.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Follow Kami