add url

Sejarah Hari Ini (13 Juli): Partai Pertama Piala Dunia

http://portalpialadunia.blogspot.com/
Pada hari ini tepat 83 tahun silam, pertandingan turnamen sepakbola paling bergengsi yaitu Piala Dunia untuk pertama kalinya digelar.

Saat itu Piala Dunia pertama pada tahun 1930, digelar di Uruguay, dengan dua partai pembuka di waktu yang bersamaan yaitu Prancis menghadapi Meksiko di Stadion Pocitos, sementara Amerika Serikat menghadapi Belgia di Stadion Parque Central.




PRANCIS 4-1 MEKSIKO

Stadion Pocitos, Montevideo, Uruguay
Wasit: Domingo Lombardi
Penonton: 4444

Prancis Alex Thepot, Alex Villaplane (c), Andre Maschinot, Augustin Chantrel, Edmond Delfour, Ernest Liberati, Etienne Mattler, Lucien Laurent, Marcel Capelle, Marcel Langiller, Marcel Pinel

Meksiko Oscar Bonfiglio, Alfredo Sanchez, Dionisio Mejia, Efrain Amezcua, Felipe Rosas, Hilario Lopez, Jose Ruiz, Juan Carreno, Luis Perez, Manuel Rosas, Rafael Garza (c) Prancis yang berada di grup I bersama dengan tiga tim Amerika Latin yaitu Argentina, Meksiko dan Cili mengawali turnamen ini dengan sangat gemilang.

Les Bleus tampil istimewa di laga perdana dengan melibas skuat Meksiko dengan skor telak 4-1.

Pada menit ke-19, Lucien Laurent mencetak gol untuk membawa timnya unggul atas lawannya tersebut, dan gol itu tercatat sebagai gol pertama dalam sejarah Piala Dunia.

Seakan tidak puas, Prancis akhirnya menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0 setelah Marcel Langiller dan Andre Maschinot mencetak gol tambahan di lima menit terakhir paruh pertama.

Di babak kedua, Meksiko yang tidak ingin dipermalukan oleh tim Eropa berusaha bangkit dan mampu mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-70 melalui gol Juan Carreno.

Namun, Prancis akhirnya berhasil menyegel kemenangan di laga perdana tersebut setelah Maschinot mencetak gol keduanya di menit ke-87.

Prancis berhasil meraih kemenangan telak tetapi mereka pada akhirnya tetap tersingkir di babak grup, setelah tidak mampu mengatasi perlawanan dari Argentina dan Cili di babak berikutnya. Les Bleus dipaksa menyerah dengan skor 1-0 di masing-masing pertandingan.

Begitu juga dengan Meksiko, mereka kembali menjadi lumbung gol bagi lawan-lawannya dengan dibekuk Cili 3-0 dan dijungkalkan Argentina dengan skor 6-3.

Di waktu yang sama, pertandingan antara Amerika Serikat dan Belgia di Grup IV juga digelar. Uniknya, jumlah penonton di laga tersebut jauh melebihi partai Prancis-Meksiko yang melibatkan tim Amerika Selatan. Laga di Parque Central disaksikan lebih dari 18 ribu penonton sementara Prancis-Meksiko hanya disaksikan kurang dari lima ribu penonton.

AMERIKA SERIKAT 3-0 BELGIA
Stadion Parque Central, Montevideo
Wasit: Jose Macias
Penonton: 18346

USA Jimmy Douglas, Alexander Wood, Andrew Auld, Bart McGhee, Bert Patenaude, Billy Gonsalvez, George Moorhouse, Jim Brown, Jimmy Gallaher, Ralph Tracy, Tom Florie (c)

Hongaria Arnold Badjou, Auguste Hellemans, Bernard Voorhoof, Fernand Adams, Jacques Moeschal, Jan Diddens, Jean De Clerq, Louis Versyp, Nikolaas Hoydonckx, Pierre Braine (c), Theodore Nouwens. Amerika Serikat tampak lebih perkasa saat itu daripada Belgia. Skuat asuhan Bob Miller sukses mencetak keunggulan di menit ke-23 melalui gol Bart McGhee.

Ketika kedudukan 1-0 tampak akan bertahan hingga turun minum, kapten Tom Florie mencetak gol kedua timnya di menit ke-45 dan memastikan Amerika Serikat mengalami babak kedua dengan lebih tenang.

Belgia tidak mampu menembus lini belakang Amerika Serikat yang kokoh meski berusaha bangkit di babak kedua.

Bahkan, Amerika Serikat kembali berhasil memperlebar kedudukan menjadi 3-0 melalui gol Bart Patenaude di menit ke-69.

Hingga pertandingan berakhir, Belgia tetap tidak mampu mencetak gol, sehingga gawang Jimmy Douglas tercatat sebagai yang pertama untuk mendapatkan clean sheet.

Performa Amerika Serikat tidak berubah di pertandingan berikutnya. Menghadapi Paraguay, mereka kembali meraih kemenangan dengan skor 3-0 dan memastikan tiket ke semi-final. Sementara Belgia kembali menyerah saat meladeni Paraguay, dengan skor tipis 1-0.

Di empat besar, Amerika Serikat bertemu dengan Argentina yang menyingkirkan Prancis dan Meksiko. Tanpa disangka, Amerika Serikat tidak mampu membendung keperkasaan Argentina dan kalah 6-1. Piala Dunia pertama itu sendiri akhirnya dimenangkan oleh tuan rumah Uruguay, yang berhasil menundukkan tim Tango dengan skor 4-2.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Follow Kami