add url

Sejarah Hari Ini (12 Juli): Final Piala Dunia 1998

 Final Piala Dunia 1998 berlangsung pada 12 Juli 1998 di Stade de France, Saint-Denis. Kontestannya adalah Brasil dan tim tuan rumah Prancis.

Brasil berstatus sebagai juara bertahan di turnamen ini karena memenangi Piala Dunia 1994, sementara Prancis berhasil untuk kali pertama melangkah ke partai final di turnamen empat tahunan tersebut.

Banyak drama mengiringi laga tersebut. Yang paling menyita perhatian adalah terkait kondisi Ronaldo,
yang secara tiba-tiba dinyatakan fit dan siap bertanding, padahal satu jam sebelumnya tak lolos tes medis.

Saat pertandingan dimulai, Ronaldo akhirnya tampil sebagai starter bersama Bebeto di lini depan. Di menit 27, Brasil kecolongan oleh gol sundulan kepada Zinedine Zidane.

Ronaldo sempat memiliki kesempatan menyamakan kedudukan, namun bisa digagalkan Fabian Barthez. Zidane kemudian memperbesar keunggulan Prancis dengan gol keduanya di masa injury time babak pertama.

Di paruh kedua, Brasil diuntungkan dengan kartu merah yang didapat Marcel Desailly di menit 68. Namun hingga laga mendekati akhir, belum ada gol balasan tercipta.

Malah di menit 90, Prancis memastikan keunggulan mereka atas sang juara bertahan setelah Emmanuel Petit menyontek bola sodoran Patrick Vieira dengan sempurna.


Saat wasit Said Belqola dari Maroko membunyikan peluit panjang tanda berakhirnya laga, fans Prancis yang memadai Stade de France pun langsung bersorak gembira.

Di laga tersebut, juga dinobatkan Zidane sebagai pemain terbaik di final.



Di Indonesia, demam final Piala Dunia 1998 juga menjadi momen bersejarah. RCTI sebagai pemegang hak siar tunggal tayangan ini pun sampai bersedia membagi tayangan tersebut di lima stasiun televisi lainnya, yaitu TVRI, SCTV, TPI, ANTeve dan Indosiar.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Follow Kami