add url

Sejarah Hari ini (4 September): Dimulainya Pesta Antarklub Eropa

Hari ini 58 tahun silam, dimulailah sebuah kompetisi yang saat ini bisa disebut kompetisi paling bergengsi di Eropa, bahkan dunia.

Kompetisi tersebut dinamai Piala Juara Klub Eropa, alias Piala Champions. Adalah Gabriel Hanot, editor dari majalah Prancis L'Equipe, yang menggagasnya.

Kontestannya, saat turnamen ini bergulir untuk kali pertama, dipilih oleh majalah asal Prancis tersebut. Ada 16 klub yang bertanding, yang merupakan perwakilan dari semua klub terbaik di negaranya.


Ada juga klub yang menolak undangan berlaga di turnamen tersebut, Chelsea misalnya. Mereka yang memenuhi undangan langsung dipasangkan di babak knock-out dengan sistem tandang kandang.

Dan pada 4 September 1955, Sporting, yang menjadi wakil Portugal, meski di musim sebelumnya hanya bisa finis di peringkat tiga, berhadapan dengan Partizan, yang menjadi wakil Yugoslavia walau hanya mengakhiri musim sebelumnya dengan menempati urutan lima, di Lisbon.

Gengsi turnamen tersebut pun sudah terasa sejak hari pertama. Setidaknya 33.000 fans menyaksikan laga tersebut secara langsung di Estadio Nacional, Lisbon.

Laga sendiri berjalan menarik. Gelandang tuan rumah Joao Martins mengukir sejarah dengan menjadi pemain pertama yang mencetak gol di ajang ini pada menit 14. Winger Partizan Milos Milutinovic membalasnya di menit 45.

Lima menit babak kedua berjalan, Milutinovic mencetak gol keduanya. Bek Sporting Joao Galaz pun mencatat sejarah tersendiri pada hari itu, dengan terusir keluar karena kartu merah pasal pelanggaran yang dilakukannya.

Meski hanya bermain dengan sepuluh pemain, Sporting bisa menyamakan kedudukan di menit 60 lewat gol Joaquin Almeida. Sempat tertinggal lagi oleh gol Stjepan Bobek di menit 73, Martins akhirnya bisa memaksakan hasil imbang lima menit kemudian.

Partizan pada akhirnya bisa lolos ke babak berikutnya setelah di leg kedua menang 5-2, di mana mereka berhadapan dengan Real Madrid, yang kemudian menjadi juara di turnamen inagurasi ini.

PIALA CHAMPIONS 1955
Didirikan: 1955
Zona: Eropa - UEFA
Jumlah tim yang bertanding: 16 tim
Sistem kompetisi: Gugur ganda
Kontestan: Milan (Italia), Anderlecht (Belgia), Djurgarden (Swedia), Gwardia Warsawa (Polandia), Hibernian (Skotlandia), Partizan (Yugoslavia), PSV (Belanda), Rapid Vienna (Austria), Real Madrid (Spanyol), Rot-Weiss Essen (Jerman Barat), Saarbrucken (Saar), Servette (Swiss), Sporting (Portugal), Stade de Reims (Prancis), Voros Lobogo (Hungaria).
Juara: Real Madrid (Spanyol)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Follow Kami