add url

Yordania Selangkah Lagi Ke Piala Dunia 2014

Yordania tinggal satu langkah lagi untuk bisa meraih mimpi ke Brasil setelah sukses menyingkirkan Uzbekistan lewat drama adu penalti di Stadion Paxtakor Markaziy, Tashkent, Selasa (10/9) malam, dalam leg kedua play-off kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia.

Dalam waktu normal dan perpanjangan waktu, laga tersebut hanya mampu menghadirkan kedudukan 1-1 sehingga harus dilanjutkan dengan adu penalti.
Pada akhirnya, Yordania sukses memenangi adu tos-tosan itu dengan skor 9-8. Dengan kemenangan ini, Yordania berhak maju ke babak play-off antarkonfederasi di mana mereka menunggu lawan dari peringkat lima zona Conembol guna mendapat satu tiket ke Piala Dunia 2014.

Uzbekistan sebenarnya tinggal butuh hasil imbang tanpa gol untuk bisa melakoni play-off antarkonfederasi itu. Hasil imbang 1-1 di leg pertama pada 6 September lalu menjadi keuntungan Uzbekistan. Dengan bermodalkan gol tandang itulah, Uzbekistan tampil penuh percaya diri sejak menit pertama. Bahkan hasil positif sudah sanggup mereka raih ketika pertandingan baru memasuki menit kelima. Adalah bek Anzur Ismailov yang sanggup membuat tuan rumah bersuka cita lewat gol pembukanya.

Uzbekistan yang sudah di atas angin, lalu mengendurkan permainan. Namun strategi dari pelatih Mirjalol Qosimov ini berakibat buruk, sebab Yordania yang tadinya tertekan mampu bermain lepas. Hasilnya tampak di tiga menit sebelum turun minum ketika Saeed Al Murjan sanggup menyamakan skor menjadi 1-1 lewat tendangan jarak jauhnya.

Di babak kedua, Uzbekistan yang sedikit tersentak dengan gol Al Murjan langsung melancarkan serangan demi serangan. Pasukan Hossam Hassan mampu mengimbanginya dengan sedikit bermain keras. Akibatnya, tiga kartu kuning dikeluarkan oleh wasit kepada tiga pemain Yordania. Namun, hingga babak kedua berakhir, tak ada gol yang tercipta sehingga kedua tim harus memaksakan perpanjangan waktu.

Pertandingan sempat terhenti sekitar 10 menit saat extra-time babak pertama, tepatnya di menit 101, akibat matinya lampu stadion. Laga pun akhirnya bisa dilanjutkan kembali. Namun, waktu sebanyak 2x15 menit itu tak bisa dimanfaatkan oleh kedua tim sehingga laga harus dilanjutkan dengan adu penalti.

Di sinilah terjadi adu tos-tosan yang cukup melelahkan. Sempat tertinggal 4-2 dari Yordania, Uzbekistan mampu mengejar hingga kedudukan mencapai 8-8. Yordania lalu berhasil memimpin lagi menjadi 9-8. Penendang terakhir Uzbekistan, yakni Ismailov - yang merupakan pencetak gol Uzbekistan di babak pertama - gagal menyeimbangkan keadaan sehingga Yordania mampu melenggang ke babak play-off berikutnya.

Mereka kini tinggal menunggu lawan dari peringkat lima zona Amerika Selatan demi satu tiket ke Brasil. Laga play-off antarkonfederasi itu bakal dilaksanakan pada 13 November mendatang. Jika sanggup menang, Yordania akan menyusul empat wakil Asia lain yang sudah memastikan lolos, yakni Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Iran.  

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Follow Kami