add url

Sejarah Hari Ini (7 September): "Sponsor" Pertama Barcelona

Tidak seperti klub sepakbola lain yang mendapat kucuran dana besar dari sponsor, raksasa La Liga Spanyol, FC Barcelona, justru termasuk yang menolak memajang sponsor pada jersey mereka.
Sejak berdiri pada 29 November 1899, Blaugrana paling anti menaruh embel-embel sponsor dalam seragam. Namun, keengganan Barca memakai sponsor sirna pada 7 September 2006 di mana tim Catalan mencapai kesepakatan dengan Unicef dengan memasukkan nama dan logo badan amal
untuk anak-anak di bagian depan seragam klub.

Kesepakatan sponsor ini pun terbilang berbeda dari biasanya, karena Blaugrana berkontribusi mendonasikan €1,5 juta per tahun kepada Unicef (0.7 persen dari total pendapatan ) hingga lima tahun ke depan melalui FC Barcelona Foundation. Melihat kesepakatan ini, boleh dibilang Barca-lah yang menjadi sponsor Unicef, bukan sebaliknya.

Tulisan serta logo Unicef pun terpampang jelas di bagian depan seragam Blaugrana yang ketika itu berwarna merah-biru.


Keputusan Blaugrana yang mau berbagi keuntungan dengan Unicef menuai pujian dari banyak kalangan. Tidak hanya itu, mereka juga menjadi inspirator bagi klub-klub lain yang mengikuti tren tersebut. Klub Swedia Hammarby IF dan tim asal Denmark Brøndby IF misalnya, yang menandatangani kesepakatan serupa dengan Unicef masing-masing pada 2007 dan 2008. Sementara klub Liga Primer Inggris Aston Villa disponsori Acorns Children's Hospice --sebuah lembaga yang memberikan bantuan perawatan dan dukungan kepada anak-anak yang hidup dalam keterbatasan-- mulai musim 2008/09.

Setelah lima tahu bermitra dengan Unicef, Barcelona akhirnya "melanggar" kebiasaan sendiri. Sebelum musim 2011/12, sebuah kesepakatan dengan Qatar Foundation membuat klub Catalan bakal mengantongi duit €30 juta per tahun hingga 2016, dengan sejumlah tambahan bonus tergantung sukses yang mereka raih di lapangan.



Dikutip Guardian, kesepakatan kontrak €150 juta merupakan nilai terbesar dalam sejarah sepakbola, bahkan dua kali lipat dari yang didapat Real Madrid sebesar €15 juta per musim dari Bwin.

"Dengan ini, Barcelona menjadi klub dengan sponsor terbesar dalam sejarah sepakbola - dan dalam keadaan krisis ekonomi," kata wakil presiden Javier Faus setelah pengumuman sponsor baru.

Yang menjadi masalahnya ketika itu adalah, di manakah logo Qatar Foundation akan diletakkan karena Unicef sudah lebih dulu "memesan" tempat di bagian depan. Barcelona sendiri memastikan kerja sama dengan Qatar Foundation tidak akan menghilangkan logo Unicef di kostum mereka. Sebagai jalan tengah, logo Qatar Foundation dipasang di bagian depan, sementara logo Unicef dipindahkan ke bagian belakang di bawah nomor punggung pemain.

Qatar Foundation merupakan yayasan yang bergerak untuk memajukan pendidikan, pengetahuan ilmiah, riset dan pengembangan komunitas negara-negara arab yang didirikan pada 1995.

Setelah dua tahun berjalan, Barca mengonfirmasi mereka akan menggunakan logo Qatar Airways di bagian depan seragam, memecahkan tradisi klub yang tidak menggunakan sponsor perusahaan selama 113 tahun berdirinya klub. Dengan nilai £25 juta per tahun, presiden Sandro Rosell menegaskan perusahaan penerbangan itu akan menggantikan logo Qatar Foundation di bagian depan mulai 1 Juli 2013, sementara logo Unicef tetap berada di bagian belakang seperti sebelumnya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Follow Kami